Surat Resmi Berbahasa Inggris

September 12th, 2008 by Blog Pinyi Leave a reply »


Dear Madam, Dear Sir,
I am X, from Y. I am interested in Z.
I will be very grateful if you could inform me the application deadline and eligibility. I wonder if you could also send me the application form. If it is not possible, I will be thankful if you could inform me where I can find it.
I am looking forward to hearing from you. Thank you very much.

Sincerely yours,
X

Hasil diatas adalah kalau kita menggunakan tips singkat dibawah ini :

Tips pertama :
Selalu gunakan kalimat pengantar dan salam penutup yang baku. Untuk kalimat pengantar cukup gunakan : Dear Mr. atau Dear Ms. Bila kita tidak tahu siapa yang akan menerima surat tersebut, misalnya mengirim ke alamat email umum suatu instansi bisa gunakan Dear Madam, Dear Sir,

Untuk salam penutup, saya paling senang menggunakan Sincerely yours, sangat sopan. Tapi kalau misalnya surat menyuratnya sudah berlangsung berulang kali dengan orang yang sama, kita bisa menggunakan Best regards, atau cukup dengan Best.

Tips kedua :
Jangan lupa untuk berterima kasih. Kalimat penutup andalan saya biasanya : I am looking forward to hearing from you. Thank you very much. Kalimat ini memberitahukan kepada sang penerima surat kalau kita menunggu jawabannya atas permintaan kita di surat, dan kita mengucapkan banyak terima kasih sebelumnya. Sangat sopan bukan ?
Untuk mengucapkan terima kasih secara umum, bisa juga menggunakan : Thank you for your kind help.

Tips ketiga :
Memohonlah dengan sopan. Caranya gampang sekali, cukup dengan menggunakan kalimat berpola : I will be very grateful if you could … Tinggal isi titik-titiknya dengan permohonan yang ingin diajukan. Sopan dan langsung ke tujuan. Atau contoh dari koala manolo (lihat komentar), If you could …, it would be most appreciated. Isi titik-titiknya dengan permintaan.

Tips keempat :
Jangan pernah menggunakan singkatan, simbol pengganti kata, atau kata yang bernuansa non-formal. Jadi tulislah it is, bukan it’s. Jangan menulis ala ABG dengan menggunakan angka 4 untuk for (saya pernah menerima surat yang menggunakan ini. Hampir jatuh dari kursi rasanya) atau u untuk you, dan tulislah thank you dengan baik dan benar.

Tips kelima :
Tulislah nama dengan lengkap. Kalau bisa cantumkan afiliasi di bawah nama. Tanda tangan seperti ini sangat penting, apalagi bila kita menulis surat dalam kapasitas kita sebagai pegawai kantor tertentu.

Tips keenam :
Gunakan huruf besar dan tanda baca dengan baik. Huruf kecil memang imut, tapi dalam surat lebih penting menunjukkan kemampuan kita dalam menggunakan tata bahasa dengan baik dan benar, daripada menunjukkan jiwa kita yang mencintai keunikan.

http://bla3x.wordpress.com/2006/05/06/surat-resmi-dalam-bahasa-inggris-tolong/

Advertisement

8 comments

  1. jennet says:

    hey,, gmna carnya nulis surat pke b.ing buat minta gaji,, yg bertanda tangan d bwah ini..

    tnx..

  2. megs says:

    very helpful. thank you.^^

  3. ANITA says:

    tipsnya membantu banget, tapi skr nih lagi butuh banget pertolongan gmn caranya buat surat resmi ke instansi, any idea?

  4. siska says:

    klw bwad ktrangn izin gmana ea

  5. laras ratih says:

    Berguna banget. Makasih banyak ya!
    Sincerely yours…. (ehehe langsung praktek euy..)

  6. shame says:

    Thanks!!

  7. Jn says:

    Ikut nyedot. Thanks.

Leave a Reply